Kamis, 18 April 2013



 Robotic


Salah satu fungsi utama sekolah adalah mempersiapkan generasi  yang tangguh dan tanggap menghadapi persaingan masa depan yang makin kompetitif. Salah satu kemampuan yang selayaknya dimiliki oleh siswa, adalah kemampuan berpikir logis,konstruktif dan analitis. Kemampuan melakukan analisa masalah, mencari solusi dengan sudut pandang yang divergen merupakan kemampuan yang semakin langka dimiliki oleh generasi muda kita. Padahal berdasarkan survey, remaja memiliki minat  yang tinggi untuk maju, berprestasi dengan memanfaatkan kekuatan personal yang mereka miliki. Nampaknya ada sebuah potensi energi kekuatan yang tidak tersalur yang dialami oleh remaja-remaja kita. Yang sering terjadi, remaja menyalurkan bakat dan potensinya pada aras yang kurang berarah,bermain game misalnya. Atau terlibat pada pergaulan yang kurang terarah.


Berdasarkan pemikiran tersebut,SMP Tunas Bangsa menyelenggarakan ekstra kurikuler robotik,bekerja sama dengan para alumni Fakultas Tehnik UNDIP. Dengan satu harapan melalui dunia yang relatif dekat denga remaja,yaitu dunia teknologi,maka santri-santriwati Tunas Bangsa bisa diarahkan pada tahap berpikir yang konstruktif dan terarah.
Pada tahap awal seluruh santri diwajibkan untuk mendapatkan basic robotic,dengan satu pemikiran bahwa proses berpikir analitis dapat dibentuk pada setiap santri. Untuk tahap selanjutnya,bagi santri yang memiliki minat lebih dan ingin memperdalam kemampuan teknologi,maka sekolah memfasilitasi dengan ekstra kurikuler robotik. Kegiatan robotik juga sangat membantu santri dalam berpikir logis matematis. Urutan berpikir secara sekuensial,logis dan terarah dalam kegiatan robotik membantu santri membangun kerangka berpikir logis matematis. Beberapa orang santri mengalami peningkatan nilai matematika yang cukup signifikan pasca pelatihan robotik Dan yang cukup menggembirakan,minat serta antunsiasme santri untuk mengikuti ekstra kurikuler robotik juga cukup tinggi.

Dan untuk memberikan wadah bagi siswa yang memilki minat dan kemampuan tinggi pada bidang robotik,maka sekolah memberikan wadah untuk berpartisipasi pada Robotic Championship di ITS Surabaya 17-18 Mei 2013. Mohon dukungan do’a bagi semua pembaca,sehingga santri Tunas Bangsa dapat berkompetisi secara maksimal dan membawa nama harum bagi Kabupaten Banjarnegara.
Tunas Bangsa....Go ! Go !  Tunas Bangsa...Fight ! Fight ! Tunas Bangsa...Win ! Win !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar